Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia dalam menghitung angka-angka, kalkulator juga sering disebut-sebut sebagai Nenek moyang dari komputer. Dengan menggunakan NetBeans dan juga bahasa pemrograman Java kita dapat membuat Kalkulator sederhana.
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek, diciptakan oleh Sun Microsystems pada tahun 1991 dan dapat dijalankan diberbagai platform sistem operasi.
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek, diciptakan oleh Sun Microsystems pada tahun 1991 dan dapat dijalankan diberbagai platform sistem operasi.
Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat Kalkulator sederhana menggunakan NetBeans, tepatnya NetBeans IDE 8.2.
- Langkah awal buka aplikasi NetBeans,dibawah ini merupakan tampilan awal dari aplikasi Netbeans.
- Selanjutnya kita buat project baru dengan cara klik File >> klik New Project, atau bisa juga menggunakan tekan Ctrl+Shift+N. Kemudian akan tampil jendela seperti gambar di bawah, kemudian pilih/klik Categories : Java dan Projects : Java Application lalu klik next.
- Lalu beri nama Project yang akan kita buat dan pilih Project Location atau tempat dimana kita akan menyimpan project tersebut. Lalu klik tombol Finish jika sudah.
- Setelah itu maka Project yang kita buat akan tampil pada tab Project.
- Kemudian kita buat file JFrame dengan cara klik kanan >> New >> JFrame Form... seperti gambar dibawah ini.
- Munculah jendela seperti berikut, kita beri nama Class-nya lalu klik Finish.
- Dan file JFrame sudah dibuat.
- Selanjutnya kita buat tampilannya terlebih dahulu dengan klik tab pallete di sebelah pojok kanan atas, pilih Text Field yang nantinya digunakan untuk menampilkan angka yang dipilih. Dan juga Button untuk tombol-tombol angka dan lainnya.
- Buat tampilannya seperti contoh dibawah ini, atau bisa juga dikreasikan sedemikian rupa agar lebih menarik.
- Untuk mempermudah mendisain tampilan bisa menggunakan cara berikut, klik kanan pada JFrame >> Set Layout >> Klik Attribute Layout.
- Jangan lupa untuk merubah pengaturan editable pada JTextField agar Text Field tidak bisa di rubah secara langsung, tetapi harus melalui tombol / button.
- Langkah selanjutnya yaitu kita buat source code-nya :
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;
2. Untuk Button 0-9, dan button titik (.)
jTextField1.setText(angka);
Jangan lupa ganti "X" dengan angka sesaui dengan button-nya.
3. Untuk Button Clear
jTextField1.setText("0");
angka1=0;
angka2=0;
jumlah=0;
angka="";
4. Untuk Button Tambah
angka1=Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("+");
angka="";
pilih=1;
5. Untuk Button Kurang
angka1=Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("-");
angka="";
pilih=2;
6. Untuk Button Kali
angka1=Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("*");
angka="";
pilih=3;
7. Untuk Button Bagi
angka1=Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("/");
angka="";
pilih=4;
8. Untuk Button Sama Dengan
switch(pilih){
case 1:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 2:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 3:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 4:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
default:
break;
}
Sekarang kita coba jalankan atau run dengan cara klik kanan pada file JFrame lalu klik run. Atau bisa juga menggunakan tombol Shift+F6. Jika tidak ada error maka program akan berjalan dan ini adalah tampilannya.
Selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar